Wednesday, July 5, 2017

Pengibaratan Perbandingan Sebuah Jasa

Hallo, salam pagi ini. 
Sudah lama saya tidak menuliskan cerita lagi, disini saya ingin menceritakan / mengibaratkan penggunaan jasa. Kebetulan saya adalah jasa pembuatan website baik itu web developer atau web desain secara freelance.


Sejak tahun 2010 saya menggeluti pekerjaan ini saya hingga sekarang tidak pernah mematok harga jasa, tetapi alhamdulilah banyak orang menghargai jasa saya dengan harga lumayan, dan kali ini saya akan bercerta sedikit mengenai satu project yang baru saja saya selesaikan kemarin. Tetapi berapapun bayaran nya saya selalu bersyukur dan bertindak seprofesional mungkin kewajiban akan saya selesaikan.

Karena kepuasaan tidak hanya dinilai dari uang guys. Karya saya berserakan di dunia maya saja saya sudah merasa bangga akan kepercayaan dari orang-orang yang ingin menggunakan jasa saya.

Yup saya biasa menerima pembayaran jasa minimal 8Juta dan paling besar puluhan juta, tidak pernah sampai dengan ratusan juta kecuali project dengan membawa bendera perusahaan.

Kali ini brand nya cukup terkenal di bidang asuransi tetapi saya tidak akan menyebutkan brand tersebut, dan website ini bersifat perorangan untuk bisnis marketing.

Pengerjaan website kurang lebih 1 bulan jika dihitung tanpa istirahat dan apabila di hitung perharian. Mulai dari persiapan hosting dan setup hostingan sampai dengan persiapan database, desain, dan manajemen konten semua saya siapkan.

Singkat cerita pembayaran yang saya terima dibawah 4 juta, saya sangat menerima dengan lapang dada akan pembayaran tersebut, dan ikhlas, tetapi ada sisi dimana saya selalu berfikir, padahal saya tidak mematok harga dan saya sudah ikhlas tanpa protes serta sangat memaklumi kondisi si customer. 

Ada hal yang saya agak kurang suka, si customer jika mencari perbandingan harga ya boleh saja itu haknya dia, tetapi tidak usah di share ke saya pribadi, karena saya sudah mnegaskan bahwa saya tidak mematok harga (Se-mampunya bayar).

Saya ingin mengIbaratkan cerita saya dengan sebuah cerita dibawah ini :

Si Ba : Saya ingin ke suatu tempat, gimana caranya ya ?
Saya  : untuk ke tempat sana, harus punya kendaraan pak.
Si Ba : Kamu bisa buat kendaraan ?
Saya  : saya bisa kok, mau ?
Si B   : Saya mau kendaraannya punya roda dan saya bisa duduk, hingga sampai di tempat itu.
Saya  : Oke saya buatkan kendaraannya ya.

Akhirnya saya pun membuatkan kendaraan untuk si bapak itu untuk menolong dia sampai ke suatu tempat.

Saya  : sudah jadi pak kendaraannya, ini dia.
Si Ba : Waaah bagus sekali ya, oke saya sudah bisa ke tempat itu kalo menggunakan kendaraan ini,
Saya  : ya pak, oh y jangan lupa pak uang keringat saya, hehe saya pakai modal buat kendaraan ini.
Si Ba : Oke berapa ?
Saya  : Se-Ikhlasnya pak, terserah bapak, tapi biasanya kendaraan ini sekitar 14juta s/d 17Juta
Si Ba : waaah kok mahal sekali ya.. saya lihat harga kendaraan beroda cuma 1 s/d 2 jutaan
Saya  : ya ini kan saya kasih motor penggerak, ada stangnya, ada bel nya
Si Ba : nih saya cari informasi 1 jutaan ada rodanya juga dan ada stangnya ada belnya juga
Saya  : Yasuwdah dipakai saja pak kendaraan yang sudah saya buatkan ini dengan semampu bpk

Dari singkat cerita kendaraan yang bisa membawa dia kesuatu tempat adalah kendaraan apapun yang penting duduk dan punya roda, sedangkan yang saya ciptkan untuk dia adalah sebuah kendaraan bermotor, dan yang dia lihat dengan harga 1 s/d 2 juta adalah kendaraan sepeda. Lalu saya sempat berfikir kendaraan nya bisa membawa dia dengan cepat jika saya buatkan kendaraan mobil, tapi apa daya tenaga saya sudah cukup hanya untuk membuat sebuah kendaraan bermotor. 

Mungkin hanya sampai disini cerita saya.

Pengibaratan Perbandingan Sebuah Jasa Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Muhammad Hafid

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan dan partisipasinya.